Memahami Terapi Hipnotis Secara Benar

Terapi Hipnotis? » Memahami Terapi Hipnotis Secara Benar

Media masa, termasuk televisi seringkali memunculkan citra yang keliru tentang hipnotis. Sehingga banyak masyarakat yang salah paham, kemudian takut dengan hipnotis itu sendiri. Media masa sering kali menunjukkan hipnotis sebagai cara untuk menguasai atau mengontrol orang lain. Padahal faktanya tidak demikian. Anda hanya bisa dihipnotis apabila Anda bersedia mengikuti perintah dari orang yang menghipnotis. Apabila Anda menolak dari awal, maka hipnotis tidak akan terjadi.

Sebetulnya manfaat hipnotis untuk terapi (Hipnoterapi) sangatlah besar. Berbagai masalah yang sulit diselesaikan dengan cara-cara biasa, ternyata bisa diselesaikan dengan Terapi Hipnotis. Namun karena banyak kesalahpahaman dan kurangnya informasi mengenai Terapi Hipnotis, banyak orang yang enggan memilih Terapi Hipnotis sebagai metode terapi untuk mengatasi masalah. Artikel ini akan menjelaskan secara detail apa dan bagaimana Terapi Hipnotis yang sesungguhnya.

Terapi Hipnotis adalah terapi pikiran yang dilakukan dalam kondisi hipnotis. Sedangkan hipnotis adalah kondisi relaksasi pikiran yang biasanya disertai relaksasi tubuh. Dalam kondisi hipnotis, pikiran Anda menjadi lebih terbuka terhadap perubahan.

Banyak orang mengira hipnotis itu sama dengan tidur. Perlu Anda pahami bahwa kondisi hipnotis adalah kondisi alamiah. Tidak ada yang aneh ketika Anda memasuki kondisi hipnotis. Tubuh Anda akan rileks dan pikiran Anda menjadi tenang. Namun hipnotis tidak sama dengan tidur atau pingsan.

Dalam kondisi hipnotis, Anda tetap mendengar suara kami dengan jelas dan Anda menyadari keberadaan Anda. Sekali lagi kami jelaskan, kami tidak akan membuat Anda tidak sadar atau tertidur. Kami tidak ingin Anda tidur atau pingsan. Karena kami butuh kesadaran Anda untuk menjalani proses terapi.

Mungkin nanti ketika kami membimbing Anda menuju kondisi hipnotis, kami akan menggunakan kata “tidur” dalam sugesti kami. Yang kami maksud bukanlah tidur seperti yang Anda lakukan setiap malam. Maksud kami adalah meminta Anda untuk merilekskan tubuh dan pikiran Anda. Sekali lagi, hipnotis bukan tidur. hipnotis adalah kondisi relaksasi tubuh dan pikiran.

Keberhasilan Terapi Hipnotis membutuhkan kerjasama Anda. Selama proses hipnotis, Anda harus membuka pikiran Anda untuk menerima dan mengikuti instruksi dari kami. Kami ingin Anda bersikap pasrah dan terbuka terhadap proses terapi ini. Penting untuk Anda ketahui bahwa kami tidak akan menguasai pikiran Anda. Kendali penuh atas diri Anda tetap berada pada diri Anda sendiri dan kami berperan sebagai pemandu saja. Seandainya pikiran Anda adalah mobil, maka Anda adalah pengemudinya dan kami adalah penunjuk jalannya. Kami tahu jalan menuju solusi dari masalah Anda. Jika Anda mau mengikuti petunjuk kami, kami tahu Anda akan sampai di tujuan Anda. Namun kami tidak bisa memaksa Anda untuk mengikuti petunjuk kami. Maka dari itu, Anda harus membuka pikiran Anda untuk mengikuti proses terapi.

Kami tidak bisa memaksa diri Anda untuk berubah. Meskipun Anda dalam kondisi hipnotis, kontrol penuh atas diri Anda tetap ada di tangan Anda sendiri. Semua hypnotherapist, termasuk kami, tidak akan pernah menguasai pikiran Anda. Namun jika Anda mau menerima sugesti kami dengan sepenuh hati, kami tahu solusi yang pasti bagi masalah Anda. Jika Anda mau mengikuti instruksi kami dengan pikiran terbuka, kami bisa membantu Anda meraih tujuan Anda dengan cepat. Agar hasil dari Terapi Hipnotis ini maksimal, ada satu hal penting yang harus Anda perhatikan. Kapanpun kami memberi sugesti yang baik untuk Anda, maka kami ingin Anda menerimanya sepenuh hati. Kami ingin Anda membuka diri Anda dan bersikap optimis agar sugesti yang kami berikan efeknya maksimal untuk diri Anda. Dan ketika kami membimbing Anda untuk menjalani suatu proses terapi, kami ingin Anda mengikutinya dengan sepenuh hati.

Dalam hati, mungkin sekarang Anda bertanya. Benarkah hipnotis tidak bisa digunakan untuk memaksa orang lain? Bagaimana dengan kejahatan hipnotis yang sering diberitakan di koran?

Justru inilah kesalahpahaman yang ingin kami jelaskan kepada Anda. Bahwa yang diberitakan di media masa mengenai kejahatan hipnotis kenyataannya bukanlah hipnotis. Kalau ditelusuri, kejadiannya maka modus sebenarnya adalah pembiusan atau penipuan, bukan hipnotis. Namun karena ketidaktahuan masyarakat, kasus pembiusan dan penipuan itu dipercaya sebagai hipnotis.

Jika barang berharga diambil ketika korban tertidur setelah diberi obat tidur yang dicampur di minuman atau makanan, itu bukanlah hipnotis. Namun kasus semacam ini sering diberitakan sebagai hipnotis karena ketidaktahuan masyarakat atau disengaja oleh wartawan yang menulis berita itu dengan tujuan memunculkan sensasi.

Orang yang tertipu mentah-mentah, sering kali mengaku dihipnotis untuk menutupi kebodohannya. Karena jika dia mengaku telah menjadi korban penipuan, dia akan dianggap bodoh oleh keluarga dan orang-orang disekitarnya. Oleh karena itu, agar dia tidak disalahkan dan tidak dianggap bodoh, dia mengaku dihipnotis. Dari penjelasan ini, kami harap Anda bisa memahami bahwa berita di media masa tentang kejahatan hipnotis adalah berita yang tidak bisa dipercaya.

Lalu bagaimana dengan pesulap di televisi yang tampaknya bisa menguasai orang lain dengan hipnotis? - Jika Anda melihat proses shooting pertunjukan hipnotis di Televisi, maka Anda akan tahu bahwa seseorang yang akan dihipnotis adalah orang yang dari awal sudah bersedia dihipnotis dan bersedia tampil dalam acara Televisi. Mereka tahu kalau akan dihipnotis dan tahu dirinya sedang disorot kamera.

Dari awal mereka sudah bersedia mengikuti perintah sang ahli hipnotis. Mereka pun sudah tahu bahwa mungkin mereka akan "dipermainkan" apabila mereka mau dihipnotis. Namun karena mereka ingin masuk televisi atau karena ingin mencoba rasanya dihipnotis atau karena ingin imbalan setelah ikut permainan hipnotis, maka mereka bersedia "dipermainkan".

Jadi kenyataannya, seorang ahli hipnotis tidaklah menguasai orang lain yang dihipnotisnya, karena seorang ahli hipnotis hanya bisa menghipnotis orang yang mau dihipnotis dan mau dipermainkan. Kadang seorang dalam seorang ahli hipnotis pertunjukkan juga menggunakan seorang figuran yang sudah dipersiapkan sebelumnya.